Translate

Friday, December 14, 2012

Bagaimana Berbicara di depan umum secara lancar

Selamat berjumpa kembali di Education sharing tempat yang paling pas untuk berbagi informasi.
kali ini Saya akan berbagi informasi "   Bagaimana Berbicara di depan umum secara lancar"


Berbicara di depan umum (Public Speaking) merupakan salah satu kegiatan komunikasi. Komunikasi merupakan suatu proses kegiatan yang dilakukan komunikator (orang yang menyampaikan pesan) untuk menyampaikan pesan berupa gagasan agar dapat diterima oleh komunikan (orang atau kelompok orang yang menerima pesan, disebut juga audience).
Apabila kita suatu saat dipilih untuk menjadi juru bicara kelompok,maka hal pertama yang harus dilakukan untuk dirimu sendiri yaitu hilangkan takut,cemas atau khawatir.Kita harus percaya pada diri sendiri bahwa kita itu mampu dan pasti mampu untuk menjadi juru bicara (komunikator). Diri sendiri haruslah selalu dimotivasi ,misalnya dengan mengatakan ”saya senang berbicara didepan publik”, “berbicara didepan publik itu mengasyikkan”atau yang lainnya. Hal-hal seperti ini harus senantiasa ditanamkan dalam diri kita secara terus menerus.
Pada kesempatan pertama mungkin kita akan merasa grogi, tetapi itu adalah suatu sikap yang wajar, yang terpenting jangan mudah menyerah, teruslah berlatih dan teruslah carilah kesempatan untuk dapat sering berbicara di depan umum.Dengan begitu kita akan menjadi terbiasa berbicara didepan umum.
Berikut ini adalah beberapa latihan dasar yang bisa dilakukan guna mendukung jadi terampil berbicara didepan publik:
1.       Melatih alat ekspresi mulut
Contohnya:  senam mulut untuk melatih otot bibir , latihan vokal atau lafal agar jelas dalam mengucapkan suatu kata, melatih tinggi rendahnya suara, melatih tempo atau cepat lambatnya ucapan, melatih nada dengan menyanyi atau membaca puisi agar mendapatkan intonasi yang pas dalam mengungkapkan suatu kalimat.
2.       Melatih alat ekspresi wajah
Contohnya: senam wajah dengan mata dipejamkan, dikedip-kedipkan dan melotot, dahi dikerutkan, alis diangkat.
3.       Melatih alat ekpresi anggota tubuh
Contohnya: senam tubuh(bahu diangkat dan diturunkan, tangan diangkat, kaki dihentakkan, dll)
4.       Lakukan latihan-latihan tersebut didepan cermin, kemudian didepan keluarga dan teman-teman dekat. Bisa juga dibantu dengan alat perekam seperti tape recorder atau handycam, sehingga bisa langsung mengevaluasi.
 

2 komentar:

  1. Ucapan Slamat datang dari admin education sharing"Ngucapin Trimakasih atas Comment-nya"

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Nav menu


Mau buat buku tamu ini ?
Klik di sini