Translate

Tuesday, July 10, 2012

Cara mencari Isi Berita pada soal Bahasa indonesia


Berita merupkan keterangan mengenai kejadian atau peristiwa . Berita memuat informasi lengkap .isi berita merupakan jawaban atas pertanyaan 5W + 1H
Sebagai berikut
1.   Apa ,apa yang di informasikan
2.   Siapa ,-------//-------==------
3.   Dimana , dimana peristiwa terjadi
4.   Kapan , -------//-------------
5.   Mengapa , -------//-------------
6.   Bagaimana,bagaimana peristiwa terjadi
Setiap surat kabar atau maalah menginformasikan berita yang sama.Namun ,Kesamaan hanya pada inti informasi .sementara itu ,tekhnik penyajiannya berbeda.

Cara Mencari Isi Berita
Isi berita dpat diketahui dengan mengajukan pertanyaan apa kepala berita .Kepala berita berisi penjelasan singkat 5W + 1H.
Cara mencari perbedaan penyajian
          Penyajian berita setiap surat kabar berbeda .perbedaan tersebut dapat diketahui dengan mengajukan pertanyaan 5W + 1H.selain itu ,pertanyaan yang dapat diajukan yaitu berapa.setiap kalimat merupakan jawaban atas satu pertanyaan.
          Informasi memberitahu kan peritiwa atau sesuatu yang dilaporkan .Dalam informasi tersebut,terdapat pernyataan yang bertentangan .
Cara menentukan informasi yang bertentangan
          Informasi bertentangan karena ada informasi yang berkebalikan.Jika informasi menyebutkan kelibihan,ada informasi lain yang menyebutkan kelemahan,ada informasi lain yang menyebutkan kelemahan .Untuk memudahkan menentukan informasi yang menyatakan makna hubungan pertentangan.

0 komentar:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Nav menu


Mau buat buku tamu ini ?
Klik di sini