Translate

Tuesday, July 10, 2012

Cara menentukan Kalimat Utama Pada text soal bahasa indonesia


Isi dan bagian Teks
          Teks  merupakan bahan tertulis /bacaan yang dapat digunakan sebagai bahan pembelajaran terdiri dari beberapa paragraf . Paragraf adalah seperangkat kalimat yang berkaitan satu sama lain dan membentuk satu kesatuan untuk mengutarakan suatu gagasan utama atau gagasan pokok.Syarat –syarat sebuah paragraf yaitu koheren(berhubungan ) kohesif (padu),dan memiliki satu gagasan utama (Pokok)
Gagasan utama ,gagasan pokok,atau ide pokok adalah hal yang dibahas atau diungkapkan dalam bacaan.Gagasan pokok dapat terletak diawal paragraf (deduktif),di akhir paragraf (induktif), diawal atau di akhir (induktif –deduktif  atau campuran )atau seluruh paragraf .


Kalimat Utama merupakan kalimat yang berisi ide pokok .kalimat utama dapat ditemukan diawal,akhir,diawal dan akhir atau seluruh paragraf.
          Isi dalam teks /bacaan dapat diberi kritik berdasarkan informasi yang disajikan .Kritik merupakan tanggapan yang disertai uraian dan pertimbangan baik atau buruk mengenai sesuatu.kritik yang diberikan dapat berupa tanggapan positif (baik)atau tanggapan negatif ( buruk ).
Kritik harus disertai alasan yang logis .Ketika memberi tanggapan ,pendapat pun sering diungkapkan.


1 komentar:

  1. Makasih ini ilmu yang bermafaat, sebagai seorang blogger harus paham betul mengenai gagasan utama ini dan kalimat utama.

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Nav menu


Mau buat buku tamu ini ?
Klik di sini